Jumat, 29 Maret 2013

Tips Merawat Komputer Pribadi

Ronatips - Setelah membeli komputer baik yang baru maupun second perlu adanya perawatan. Karena namanya alat elektronik akan mengalami kerusakan yang lebih cepat apabila kita tidak pandai merawatnya. Nah kali ini Ronatips memberikan tips sederhana untuk merawat komputer pribadi.

1. Bersihkan motherboard dan hardware yang lain dari debu secara berkala.
Untuk membersihkannya gunakan kuas halus ukuran kecil maupun sedang, setidaknya setiap 2 bulan sekali. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal/komponen lain misalnya RAM, video card, modem, sound card, CDR/CDRW/DVDRW dan Tv tuner dengan kuas halus. Pada saat komputer tidak di gunakan tutuplah komputer (monitor,CPU, keyboard dan mouse) dengan cover/ plastik sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer.

2. Uninstall atau buang program komputer yang tidak berguna.
Ruang hardisk yang terlalu banyak tersita akan menyebabkan lambatnya proses read/write hardisk sehingga beban kerjanya menjadi lebih berat yang pada akhirnya akan mempercepat kerusakan hardisk. Biasanya akan ada peringatan/warning di layar komputer jika space hardisk sudah penuh. System operasi windows sudah mendukung akan hal ini.

3. Bersihkan recycle bin secara rutin.
Sebenarnya file/folder yang kita hapus tidak langsung hilang dari hardisk karena akan di tampung terlebih dahulu di recycle bin. Namun ada beberpa jenis setingan yang bisa kita gunakan antara lain untuk memberikan peringatan terlebih dahulu sebelum menghapus, hapus lalu simpan di tempat sementara atau hapus permanen. Untuk setingan hapus lalu simpan maksudnya agar file yang kita hapus tersimpan di tempat sementara, misal kita suatu saat membutuhkan file tersebut bisa mengembalikan lagi. Recycle bin yang sudah banyak juga akan menyebabkan tersitanya ruang penyimpanan hardisk yang menyebakan pembacaan komputer menjadi lelet. 

Cara menghapusnya jalankan Windows Explorer lalu klik Recycle Bin (klik kanan)>>> klik Empty Recycle Bin.

4. Install program antivirus dan update secara berkala. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . RONA TIPS - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger