Jumat, 22 Maret 2013

Tips Belanja Di Pasar Tradisional

Ronatips - Di saat ini semakin banyak orang yang lebih suka berbelanja di pasar modern (mall atau swalayan) di bandingkan berbelanja di pasar tradisional. Karena mereka belanja di pasar modern di anggap lebih nyaman serta kualitas barangnya lebih baik di banding dengan barang yang ada di pasar tradisional. Padahal barang yang ada di pasar modern kebanyakan adalah barang impor dari negara asing, yang belum tentu lebih unggul dari produk dalam negeri.

Namun masih banyak pasar tradisional yang di minati oleh masyarakat. Di pasar tradisional tentu kita sudah mengetahui bahwa ada barang-barang yang bisa di tawar hingga sesuai dengan kantong kita. pasar tradisional juga menjual berbagai perlengkapan berupa produk fashion, baik berupa pakaian, barang-barang textil, kosmetik, sepatu maupun sandal dan masih banyak lagi.

Agar Anda dapat membeli berbagai perlengkapan yang di inginkan di pasar tradisional dengan puas dan tidak terlalu mahal, Anda bisa menyimak tips berikut ini:

1. Mencari informasi.
Bagi yang belum pernah atau terbiasa berbelanja di pasar tradisional, sebaiknya mencari informasi kepada saudara, kerabat atau teman yang sudah terbiasa membeli barang di sana, untuk mengetahui berapa kisaran harga barang yang akan di beli. Sehingga Anda bisa mengira-ngira berapa harga yang dapat di tawar.

2. Datang lebih awal.
Jika Anda bertujuan untuk belanja sepuasnya, sebaiknya Anda datang lebih awal supaya bisa puas mengitari area belanja di pasar tradisional.

3. Sediakan uang tunai.
Sesuai dengan namanya, pasar tradisional masih menerapkan konsep dagang yang masih tradisional. Kita tidak bisa menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran sehingga perlu uang tunai untuk sejumlah pembayaran barang yang kita beli.

4. Perlu berkeliling pasar
Berkeliling ke seluruh pasar itu perlu agar kita menemukan referensi pedagang yang menjual barang yang kita perlukan. Kita akan menemukan banyak pedagang yang menjual barang yang sama di pasar tradisional ini.

Kita harus pandai memilih pedagang yang menyediakan barang yang cukup lengkap sehingga kemungkinan barang yang kita butuhkan bisa di tawar. Kita juga bisa membandingkan harga barang yang sama dengan antar pedagang.

5. Tawar menawar harga.
Tawar menawar harga adalah kiat belanja murah di pasar tradisional yang paling penting. Walaupun di pasar tradisional sangat identik dengan barang yang murah, namun kita perlu menawar barang lebih murah lagi. Pastikan kita membeli barang yang sudah di tawar dan tidak kalah pentingnya tawarlah barang yang kita inginkan dengan bahasa yang sopan dan ramah tentunya.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba berbelanja di pasar tradisional.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . RONA TIPS - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger